Ebook Yang Tegar di Jalan Jihad


Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap jalan perjuangan itu ada perkara-perkara baku yang tak bisa dilanggar serta ada hal-hal yang bersifat elastis, bisa berubah-ubah sesuai kondisi. Perkara yang baku tidak boleh berubah ataupun terganggu dengan berubahnya zaman, tempat atau tokoh. Rasa mantab dan yakin terhadap perkara baku ini karena kebakuannya disandarkan kepada nash-nash yang kokoh dan pengetahuan yang absolut sehingga tidak mungkin ia akan terganti atau berubah. Perkara-perkara prinsip ini tak ubahnya gunung yang menjulang, memiliki mercusuarmercusuar yang sangat terang sehingga setiap orang yang menempuh jalan bisa menja-dikannya sebagai lentera petunjuk. 
Sebaliknya dengan perkara-perkara yang elastis, ia adalah perkara bersifat kasuistik yang muncul di antara perkara-perkara baku, hal-hal elastis ini hanya bersifat cabang, bukan prinsip, ia bisa berubah-ubah sesuai perubahan zaman, tempat dan generasi. Hal-hal yang elastic ini memiliki kaidah-kaidah syar`i bersifat umum di mana perinciannya disesu-aikan mengikuti ilmu-ilmu pengantar yang ditetapkan para mujtahid dengan tetap berlandaskan dalil-dalil syar‘i, perkara ini bisa didiskusikan dan didialogkan.
Pembahasan  di sini  adalah menjelaskan rambu-rambu baku yang ditetapkan nash-nash syar`i kaitannya dengan urusan jihad.

Nah, di hadapan pembaca –yang kami cintai karena Alloh— akan dike tengahkan beberapa perkara baku, bukan semuanya, yang menggam-barkan kepada kita bagaimana jihad itu harus dilakukan.

Maka dalam rangka menyambung keterangan rambu-rambu jihad yang bersifat baku serta dalam rangka menangkal statemen-statemen yang hendak menggulingkan jihad di sana sini, terlebih dahulu kita bahas dua rambu prinsip. Dengan memahami keduanya, ketidak adilan yang muncul dalam menilai jihad akan hilang.

Klik link dibawah ini untuk donwload ebook lengkapnya

Syaikh Yusuf_AlUyairi__Yang__Tegar_Di__Jalan__Jihad


SUMBER : http://www.scribd.com/
Load disqus comments

0 komentar